Jumat, 21 Desember 2012

Pengertian Potensi Bahaya


Kecelakaan ditempat kerja bisa terjadi karen adanya faktor penyebab, dimana sumber dari kecelakaan berasal dari alat alat mekanik, lingkungan tempat kerja serta pada tenaga kerjanya sendiri. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang potensi bahaya serta kebutuhan sarana kieselamatan dan kesehatan kerja guna pencegahan dan pengendalian kecelakaan pada pekerja produksi bagian spinning PT Adetex Boyolali. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei dengan menggunakan metode observational menggunakan data primer. Penelitian ini dilakukan di unit spinning terdiri dari bagian maintenace, bagian utility, bagian produksi dan bagian laboratorium. Hasil analisa potensi bahaya pada pekerja bagian spinning beresiko terkena mesin/alat kerja, bahan/material, cara kerja serta lingkungan kerja.Sarana keselamatan kerja untuk mencegah dan mengendalikan angka kejadian kecelakaan dengan memasang rambu rambu keselamatan dan kesehatan kerja, menyediakan alat pemadam kebakaran dan menyediakan alat pelindung diri bagi setiap karyawan.
·       Kondisi atau aktivitas atau perubahan keadaan yang mempunyai potensi adanya kecelakaan, kesakitan atau kerusakan bangunan dan lingkungan.
·       Semua keadaan yang mempunyai potensi penyebab kerusakan pada orang, fasilitas, hak milik, ekonomi atau lingkungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar