Selasa, 08 Januari 2013

Sistem pembuangan

Sebuah sistem pembuangan biasanya perpipaan digunakan untuk memandu reaksi gas buang jauh dari terkendali pembakaran dalam sebuah mesin atau kompor . Seluruh sistem menyampaikan gas terbakar dari mesin dan mencakup satu atau lebih pipa knalpot. Tergantung pada desain sistem secara keseluruhan, gas buang dapat mengalir melalui satu atau lebih dari:

Isi

Kriteria Desain

Exhaust sistem bensin Opel Corsa B 1.2
Sebuah pipa knalpot harus hati-hati dirancang untuk membawa gas beracun dan / atau beracun jauh dari pengguna mesin. Indoor generator dan tungku dengan cepat dapat mengisi ruang tertutup dengan karbon monoksida atau gas buang beracun jika mereka tidak benar dibuang ke luar. Juga, gas dari sebagian besar jenis mesin yang sangat panas, pipa harus tahan panas, dan tidak harus melewati atau dekat sesuatu yang dapat membakar atau dapat rusak oleh panas. Sebuah cerobong asap berfungsi sebagai pipa knalpot dalam struktur stasioner. Untuk mesin pembakaran internal adalah penting untuk memiliki sistem pembuangan "tuned" (lihat pipa tuned ) untuk efisiensi optimal. Juga ini harus memenuhi norma-norma peraturan dipertahankan di setiap negara. Di negara-negara Eropa, EURO 5, India BS-4 dll,

Sepeda Motor

Ducati muffler
Dalam kebanyakan sepeda motor semua atau sebagian dari sistem pembuangan terlihat dan mungkin krom berlapis sebagai fitur display. Knalpot aftermarket dapat terbuat dari baja, aluminium, titanium, atau serat karbon.
Knalpot sepeda motor datang dalam banyak varietas tergantung pada jenis mesin dan digunakan. Sebuah silinder kembar dapat mengalir knalpot ke dalam bagian knalpot yang terpisah, seperti terlihat pada Kawasaki EX250 (juga dikenal sebagai Ninja 250 di AS, atau GPX 250). Atau, mereka dapat mengalir ke bagian knalpot tunggal yang dikenal sebagai dua-ke-satu (2-1). Besar mesin yang datang dengan 4 silinder, seperti supersport Jepang atau superbikes (seperti seri ZX Kawasaki, Honda 's CBR seri, Yamaha 's YZF series, juga dikenal sebagai R6 dan R1, dan Suzuki 's GSX-R series) sering datang dengan sistem pembuangan kembar. Sebuah "sistem lengkap" dapat dibeli sebagai aksesori aftermarket, juga disebut 4-2-1 atau 4-1, tergantung pada tata letaknya. Di masa lalu, sepeda ini akan datang standar dengan knalpot tunggal, seperti yang terlihat pada model ZX-6R 2000 dan 2001 Kawasaki. Namun, Uni Eropa kebisingan dan polusi peraturan umumnya berhenti praktek ini, memaksa perusahaan untuk menggunakan metode lain untuk meningkatkan kinerja sepeda motor.

Truk

Dalam banyak truk / lori semua atau sebagian dari sistem pembuangan terlihat. Seringkali dalam truk tersebut peredam dikelilingi oleh selubung logam berlubang untuk menghindari orang-orang yang luka bakar menyentuh peredam panas. Selubung ini mungkin krom berlapis sebagai fitur display. Bagian dari pipa antara mesin dan peredam sering logam fleksibel ducting industri, hal ini membantu untuk menghindari getaran dari mesin yang ditransfer ke dalam sistem pembuangan. Kadang-kadang pipa knalpot diesel besar adalah vertikal, untuk meniup gas beracun panas jauh dari orang-orang, dalam kasus seperti ujung pipa knalpot sering memiliki flap berengsel logam untuk menghentikan puing-puing dan burung dan air hujan jatuh dalam.

Dua-stroke engine

Dalam mesin dua-stroke , seperti yang digunakan pada sepeda kotoran , tonjolan di pipa knalpot yang dikenal sebagai ruang ekspansi menggunakan tekanan dari knalpot untuk membuat pompa yang meremas lebih banyak udara dan bahan bakar ke dalam silinder selama langkah isap. Hal ini memberikan kekuatan yang lebih besar dan efisiensi bahan bakar. Lihat efek Kadenacy .

Kelautan mesin

Dengan mesin diesel onboard, bawah-dek kapal laut: -
  • Lagging pipa knalpot berhenti dari overheating ruang mesin di mana orang harus bekerja untuk melayani mesin.
  • Makan air ke dalam pipa knalpot mendinginkan gas buang dan dengan demikian mengurangi tekanan balik pada silinder mesin ini ' port knalpot dan dengan demikian membantu silinder untuk cepat kosong.

Motor tempel

Dalam motor tempel sistem pembuangan biasanya suatu bagian vertikal melalui struktur mesin dan mengurangi out-of-air pukulan kebisingan keluar air, kadang-kadang melalui tengah baling-baling.

Terminologi

Manifold atau header

Aftermarket exhaust manifold
Dalam mesin produksi yang paling, yang berjenis merupakan perakitan dirancang untuk mengumpulkan gas buang dari dua atau lebih silinder menjadi satu pipa. Manifold sering dibuat dari besi cor di mobil produksi saham, dan mungkin memiliki bahan-desain hemat fitur seperti menggunakan logam sedikit, untuk menempati ruang paling diperlukan, atau memiliki biaya produksi terendah. Pembatasan ini desain sering menghasilkan desain yang hemat biaya tapi itu tidak melakukan pekerjaan yang paling efisien ventilasi gas dari mesin. Inefisiensi umumnya terjadi karena sifat dari mesin pembakaran dan silinder nya. Sejak kebakaran silinder pada waktu yang berbeda, knalpot membuat mereka pada waktu yang berbeda, dan gelombang tekanan dari gas yang muncul dari satu silinder mungkin tidak sepenuhnya dikosongkan melalui sistem pembuangan saat yang lain datang. Hal ini menciptakan tekanan balik dan pembatasan dalam sistem knalpot mesin yang dapat membatasi kemungkinan sejati mesin kinerja.
Sebuah header (kadang-kadang disebut extractor di Australia ) adalah manifold khusus dirancang untuk kinerja. [1] Selama desain, insinyur membuat berjenis tanpa memperhatikan berat badan atau biaya melainkan untuk aliran optimal dari gas buang. Desain ini menghasilkan sebuah header yang lebih efisien pemulungan knalpot dari silinder. Header umumnya baja tabung melingkar dengan lengkungan dan lipatan dihitung untuk membuat jalan dari exhaust port setiap silinder untuk outlet umum semua panjang yang sama, dan bergabung pada sudut sempit untuk mendorong gelombang tekanan untuk mengalir melalui outlet, dan tidak kembali ke silinder lainnya. Dalam satu set header tuned panjang pipa diperhitungkan untuk meningkatkan aliran knalpot di mesin tertentu putaran per menit jangkauan.
Header umumnya dibuat oleh aftermarket perusahaan otomotif, tapi kadang-kadang dapat dibeli dari departemen bagian kinerja tinggi di mobil dealer . Umumnya, penggemar mobil yang paling kinerja membeli header aftermarket yang dibuat oleh perusahaan-perusahaan hanya berfokus pada produksi handal, hemat biaya yang dirancang dengan baik header khusus untuk mobil mereka. Header juga dapat dirancang khusus oleh sebuah toko kustom. Karena bahan canggih yang beberapa header aftermarket yang terbuat dari, ini bisa menjadi mahal. Untungnya, sistem pembuangan dapat kustom dibangun untuk mobil apapun, dan umumnya tidak spesifik untuk mesin mobil atau desain kecuali perlu untuk benar terhubung solid ke mesin. Hal ini biasanya dilakukan dengan benar ukuran dalam tahap desain, dan memilih jenis gasket yang tepat dan ukuran untuk mesin.

Header-kembali

Header-back (atau kembali header) adalah bagian dari sistem pembuangan dari outlet header ke lubang akhir untuk membuka udara - semuanya dari header kembali. Header-kembali sistem umumnya diproduksi sebagai aftermarket sistem kinerja untuk mobil tanpa turbocharger .

Turbo-back

Turbo-back (atau kembali turbo) adalah bagian dari sistem pembuangan dari outlet turbocharger ke lubang akhir untuk membuka udara. Turbo-kembali sistem umumnya diproduksi sebagai aftermarket sistem kinerja untuk mobil dengan turbocharger. Beberapa turbo-kembali (dan header-back) saham sistem menggantikan konverter katalitik dengan orang lain yang memiliki pembatasan aliran kurang.

Dengan atau tanpa catalytic converter

Beberapa sistem (termasuk dalam waktu mantan semua sistem) (kadang-kadang disebut saat catless atau de-kucing) menghilangkan catalytic converter. Ini adalah ilegal di beberapa tempat jika kendaraan didorong di jalan umum.

Cat-back

Cat-kembali (juga kucing kembali dan catback) mengacu pada bagian dari sistem pembuangan dari outlet catalytic converter ke lubang akhir untuk membuka udara. Ini umumnya mencakup pipa dari konverter ke knalpot, knalpot, dan panjang akhir pipa untuk membuka udara.
Cat-kembali sistem knalpot umumnya menggunakan pipa berdiameter lebih besar dari sistem saham. Sistem yang baik akan memiliki Mandrel -membungkuk ternyata yang memungkinkan gas buang keluar dengan sesedikit tekanan balik mungkin. Para muffler termasuk dalam kit ini sering glasspacks , untuk mengurangi tekanan balik. Jika sistem ini direkayasa lebih untuk menunjukkan daripada fungsi, mungkin disetel untuk meningkatkan suara rendah yang kurang dari tinggi-RPM rendah perpindahan mesin.

knalpot dan knalpot

Dengan truk, terkadang peredam adalah diagonal bawah depan taksi dan perusahaan knalpot pukulan menyamping ke offside (sisi kanan jika mengemudi di sebelah kiri sisi, kiri jika mengemudi di sebelah kanan ). Sisi mobil penumpang di mana keluar knalpot di bawah bumper belakang biasanya menunjukkan pasar untuk kendaraan yang dirancang, yaitu Jepang (dan beberapa Inggris yang lebih tua) kendaraan memiliki knalpot di sebelah kanan sehingga mereka jauh dari pinggir jalan di negara-negara yang drive di sebelah kiri, sedangkan kendaraan Eropa memiliki knalpot di sebelah kiri. [ rujukan? ]
Akhir panjang akhir pipa knalpot mana ventilasi udara terbuka, umumnya hanya terlihat bagian dari bagian sistem pembuangan pada kendaraan, sering berakhir hanya dengan potongan lurus atau miring, tetapi mungkin termasuk tip mewah. Ujung kadang-kadang chrome . Hal ini sering pipa lebih besar dari sisa dari sistem pembuangan. Ini menghasilkan penurunan akhir tekanan, dan kadang-kadang digunakan untuk meningkatkan penampilan mobil.
Pada akhir 1950-an di Amerika Serikat produsen memiliki fashion styling mobil untuk membentuk bumper belakang dengan lubang di setiap akhir di mana knalpot akan berlalu. Dua outlet melambangkan V-8 kekuasaan, dan hanya mobil-mobil paling mahal (Cadillac, Lincoln, Imperial, Packard) yang dilengkapi dengan desain ini. Salah satu alasan untuk ini adalah bahwa mobil mewah pada masa itu telah seperti overhang belakang panjang yang pipa knalpot tergores tanah ketika mobil dilalui landai. Fashion menghilang setelah pelanggan mencatat bahwa bagian belakang mobil, menjadi daerah tekanan rendah, jelaga dikumpulkan dari knalpot dan konten asam yang makan ke bumper belakang berlapis krom.
Ketika bus , truk atau traktor atau excavator memiliki pipa knalpot vertikal (disebut tumpukan atau pipa di belakang taksi ), kadang-kadang akhirnya melengkung, atau memiliki flap penutup berengsel yang aliran gas pukulan keluar dari jalan, untuk mencegah benda asing (termasuk kotoran dari burung bertengger pada pipa knalpot kendaraan saat tidak sedang digunakan) masuk ke dalam pipa knalpot.
Dalam beberapa truk, saat peredam adalah depan-to-back di bawah chassis, akhir knalpot berubah 90 ° dan ke bawah pukulan. Yang melindungi orang dekat sebuah truk stasioner dari mendapatkan ledakan langsung dari gas buang, tetapi sering menimbulkan debu ketika truk mengemudi pada permukaan belum dirapikan kering berdebu seperti pada situs bangunan .

Danau pipa

Danau pipa [2] adalah jenis setelah pasar knalpot kinerja ditambahkan oleh penggemar kinerja, meskipun beberapa mobil yang dilengkapi dengan mereka dari pabrik. Knalpot disalurkan dari exhaust manifold dan disalurkan bersama atau di samping bagian bawah bodi mobil di bawah pintu. Mereka biasanya krom berlapis. Biasanya mereka juga menawarkan peningkatan kinerja karena mereka memiliki kurang dari tekanan balik knalpot konvensional, bersama dengan kontrol lingkungan kurang (tidak ada catalytic converter).

tuning sistem Exhaust

Knalpot aftermarket sistem termasuk header dan lapisan plasma-disemprot putih keramik
Banyak perusahaan otomotif menawarkan upgrade sistem aftermarket knalpot sebagai subkategori tuning mesin . Hal ini sering cukup mahal karena biasanya mencakup mengganti seluruh exhaust manifold atau komponen besar lainnya. Upgrade ini namun secara signifikan dapat meningkatkan kinerja mesin dan melakukan hal ini melalui sarana dua prinsip utama:
  • Dengan mengurangi jumlah panas dari knalpot yang hilang ke daerah underbonnet. Ini mengurangi suhu underbonnet dan akibatnya menurunkan suhu intake manifold, meningkatkan daya. Hal ini juga memiliki efek samping yang positif untuk mencegah panas-sensitif komponen tidak rusak. Selain itu, menjaga panas dalam gas buang mempercepat up ini, sehingga mengurangi tekanan balik juga.
Kembali tekanan paling sering dikurangi dengan mengganti exhaust manifold dengan header, yang memiliki tikungan halus dan diameter pipa biasanya lebih luas.
Manajemen Panas Exhaust adalah istilah yang menggambarkan mengurangi jumlah kehilangan panas knalpot. Salah satu solusi dominan upgraders aftermarket adalah penggunaan lapisan keramik diterapkan melalui penyemprotan termal . Hal ini tidak hanya mengurangi hilangnya panas dan mengurangi tekanan balik, tetapi memberikan cara yang efektif untuk melindungi sistem pembuangan dari keausan, degradasi termal dan korosi. [3]


1 komentar: