Selasa, 08 Januari 2013

Tuned knalpot

Sebuah sistem pembuangan tuned adalah sistem pembuangan untuk mesin pembakaran internal yang meningkatkan efisiensi dengan menggunakan geometri yang tepat untuk mencerminkan gelombang tekanan dari katup buang atau port kembali ke katup atau port pada waktu tertentu dalam siklus.
Sistem pembuangan Tuned adalah umum pada balap motor mesin, pesawat ringan mesin, [1] Model mesin dan dua-stroke motor mesin, dan tidak terbatas pada aplikasi ini. Mereka terdiri dari dua jenis utama:
Dalam kedua kasus, efisiensi dari sistem ini adalah terbesar pada kecepatan mesin tertentu, yang ditentukan oleh geometri sistem pembuangan. Tuning sistem untuk efek terbaik biasanya dilakukan baik oleh perhitungan selama desain sistem pembuangan, dan dengan trial and error selama pengembangan mesin .
Sebuah perkembangan penting adalah sistem knalpot variabel geometri, baik untuk mesin dua-stroke dan empat-stroke, yang memungkinkan tuning yang akan efektif pada rentang yang lebih luas dari kecepatan mesin.

Dua-stroke engine

Yasuni aftermarket motor scooter sistem pembuangan. Knalpot melewati pertama melalui ruang ekspansi di bagian bawah dan kemudian keluar melalui knalpot di atasnya.
Sebuah animasi konseptual mesin dua-stroke dengan sistem pembuangan tuned menggunakan ruang ekspansi . Gas buang yang abu-abu, bahan bakar / campuran udara hijau. Dalam prakteknya campuran bahan bakar / udara tidak mungkin untuk kemajuan jauh di bawah pipa knalpot seperti yang ditunjukkan.
Dalam banyak dua-stroke engine, exhaust port dibuka dan ditutup langsung oleh posisi piston daripada oleh katup yang terpisah, yang membatasi waktu operasi, Biasanya, pelabuhan tetap terbuka lama setelah yang optimal, memungkinkan beberapa biaya masuk untuk melarikan diri. Hal ini sebagian dapat diatasi dengan penggunaan sistem pembuangan disetel untuk memberikan pulsa tekanan positif sebelum penutupan pelabuhan, untuk mempertahankan tuduhan.

Alternatif

Sebuah pendekatan alternatif untuk masalah ini tersedia dalam kasus mesin piston menentang , yang menggunakan dua piston per silinder. Dua-stroke engine piston menentang seperti Deltic Napier dan Jumo Junkers 204 mesin menggunakan satu piston untuk mengontrol port inlet dan lainnya knalpot, memungkinkan lebih banyak fleksibilitas dalam waktu. Sebuah variasi dari pendekatan ini diambil oleh split tunggal mesin, di mana dua silinder berbagi satu ruang bakar, dengan piston dalam satu silinder mengendalikan pelabuhan pengalihan dan pelabuhan lainnya knalpot.

Empat-stroke engine

Aftermarket extractor berjenis
Kolektor pada mobil balap
Zoomie header pada mobil balap

Extractor manifold

Kebanyakan non- turbo mobil performa dan kinerja tinggi empat-stroke sepeda motor menggunakan manifold extractor, seperti yang dilakukan kebanyakan non-turbo mobil balap . Manifold Extractor juga tersedia sebagai aftermarket aksesoris sesuai banyak mesin.
Manifold Extractor menawarkan keuntungan sebagai berikut atas manifold sederhana sering dipasang untuk non-kinerja mesin:
  • Memisahkan gas mengalir dari silinder individu sehingga tidak diinginkan antar-silinder interferensi dihindari.
  • Mempertahankan kecepatan gas optimal dengan diameter tabung dipilih dengan cermat.
  • Membiarkan silinder individu untuk membantu satu sama lain dengan cara gelombang tekanan negatif yang dihasilkan pada kolektor, di mana knalpot individu menyatu. [3]
Jenis sistem pembuangan dapat digunakan dengan atau tanpa knalpot , sehingga dapat digunakan pada kedua ras dan kendaraan jalan.

Zoomie sundulan

Sebuah jenis knalpot kurang umum tuned adalah header zoomie, yang terdiri dari pipa tuned sederhana, satu per silinder. [4] [5] [6] Gelombang kejut ini tercermin pada ujung terbuka pipa, sehingga tidak ada knalpot dapat dipasang. Header Zoomie digunakan dalam balap drag , balap pesawat terbang air , truk menarik dan kompetisi yang sama [6] .

geometri Variabel

Ada sejumlah upaya untuk memperluas rentang kecepatan di mana knalpot disetel efektif dengan menggunakan geometri variabel.

Dua-stroke

Sebuah sistem pembuangan variabel disetel telah digunakan pada sepeda motor, termasuk model oleh Honda, Kawasaki dan Suzuki, sering dalam kombinasi dengan exhaust port variabel waktu. Kontrol baik mekanik, dioperasikan baik secara otomatis sesuai dengan kecepatan mesin atau secara manual oleh pembalap, atau elektronik, yang memungkinkan kontrol otomatis lebih tepat.

Empat-stroke

Sistem geometri variabel knalpot telah digunakan pada beberapa sepeda motor empat-stroke, seperti tahun 1987 Yamaha FZR1000 , dan juga pada beberapa mobil.

Teknologi lainnya knalpot tuned

Tekanan gelombang superchargers , juga dikenal sebagai rotor gelombang, seperti Comprex dan unit Hyprex, menggunakan supercharger disinkronisasi untuk memanfaatkan energi pulsa knalpot. Ferrari bereksperimen dengan rotor gelombang untuk Formula Satu, tetapi tidak pernah berlari, Mazda menghasilkan diesel bertenaga 626 dilengkapi dengan rotor gelombang pada tahun 1988, dan pada tahun 1996 SENYUM mobil konsep dimasukkan satu.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar